Kinija RoHS

RoHS Tiongkok

Pemerintah Tiongkok telah membuat peraturan untuk mengatasi pencemaran lingkungan akibat pembuangan produk elektronik, mendorong pemanfaatan sumber daya, mendorong konsumsi ramah lingkungan, dan menjaga kesehatan masyarakat. Bagaimana status penerapan RoHS2 Tiongkok saat ini?

  • 1 Maret 2007 : Pada, Tindakan Pengendalian Pencemaran Produk Informasi Elektronik mulai berlaku setelah diundangkan pada tanggal 28 Februari 2006.
  • 16 Juli 2010 : Peraturan untuk mengendalikan polusi dari produk listrik dan elektronik tersedia untuk dikomentari publik.
  • Juli 2016 : Keputusan No. 39 dikeluarkan untuk membatasi penggunaan bahan berbahaya pada produk elektronik
  • Maret 2018 : Katalog Penggunaan Bahan Berbahaya yang Dibatasi dalam Produk EEE dan Daftar Pengecualian telah disiapkan
  • 16 Mei 2019 : instansi pemerintah menetapkan Sistem Penilaian Kesesuaian Bahan Berbahaya pada Produk Listrik dan Elektronik
  • 1 November 2019 : Produk yang tercantum dalam Katalog Penggunaan Bahan Berbahaya yang Dibatasi yang Terkandung dalam Produk EEE yang memasuki pasar atau diimpor harus mematuhi Pengaturan Penerapan.

"Produk listrik dan elektronik" adalah perangkat dan aksesori yang beroperasi menggunakan arus listrik atau medan elektromagnetik dengan tegangan kerja pengenal hingga 1500V DC dan 1000V AC, atau yang menghasilkan, mentransmisikan, atau mengukur arus atau medan tersebut. Definisi ini tidak mencakup peralatan pembangkit, transmisi, dan distribusi tenaga listrik.

RoHS China menyertakan baterai sedangkan RoHS UE tidak.

RoHS2 China memiliki proses dua langkah untuk membatasi penggunaan enam zat berbahaya.

Kategori peralatan listrik dan elektronik yang dikecualikan dari pembatasan penggunaan zat berbahaya berdasarkan RoHS2 Tiongkok:

  • Peralatan untuk produksi, transmisi, dan distribusi listrik
  • Peralatan listrik dan elektronik militer
  • Peralatan yang dirancang untuk keadaan khusus atau ekstrim
  • Peralatan listrik dan elektronik yang ditujukan untuk ekspor
  • Produk listrik dan elektronik yang diimpor atau diservis sementara
  • Prototipe digunakan untuk tujuan penelitian dan pengembangan
  • Sampel dan produk yang dipajang di pameran, tidak dimaksudkan untuk dijual.

Sesuatu yang harus mematuhi ChinaRoHS tidak diwajibkan untuk mematuhi RoHS Uni Eropa, dan ini adalah kesalahpahaman.

RoHS Tiongkok pertama Melangkah:

Tidak ada persyaratan untuk substitusi atau pembatasan zat beracun pada produk listrik dan elektronik berdasarkan RoHS2 China. Produsen harus memberi label zat berbahaya pada produknya sejak 1 Juli 2016.

Saat ini, semua produk yang diatur harus mematuhi langkah pertama RoHS2 Tiongkok, yang mencakup pemberian label yang tepat untuk membantu konsumen dan pabrik daur ulang dalam mengidentifikasi informasi tentang zat terlarang.

Masa Penggunaan Ramah Lingkungan (EFUP)

  • EFUP mengacu pada jangka waktu, dinyatakan dalam tahun, di mana zat atau elemen beracun dan berbahaya yang terkandung dalam EIP tetap stabil dalam kondisi pengoperasian normal tanpa menyebabkan polusi atau kerusakan pada kehidupan manusia atau lingkungan.
  • Produsen bertanggung jawab memilih nomor Periode Penggunaan Ramah Lingkungan (EFUP) untuk mematuhi "RoHS Tiongkok". Angka ini biasanya didasarkan pada faktor-faktor seperti perkiraan masa pakai dan kemampuan perbaikan produk, serta potensi pelepasan bahan kimia dari produk.
  • EFUP dihitung dengan menambahkan masa pakai yang diharapkan, waktu antara produksi dan mulai digunakan, dan kemungkinan perpanjangan masa pakai jika perbaikan atau pemugaran memungkinkan.
  • Tanggal mulai Periode Penggunaan Ramah Lingkungan dapat ditunjukkan dengan "Tanggal Pembuatan" yang tertera pada produk.
  • EFUP yang berumur kurang dari atau sama dengan 10 tahun harus merupakan bilangan bulat antara 1 dan 10. EFUP yang berumur lebih dari 10 tahun harus merupakan kelipatan 5. Jika EFUP tersebut bukan kelipatan 5, maka harus dibulatkan ke bawah ke kelipatan terdekat. 5. Misalnya, EFUP 18 tahun harus dibulatkan ke bawah menjadi 15 tahun.

Tabel RoHS Cina

Produsen dan importir harus menentukan dan menandai jangka waktu penggunaan perlindungan lingkungan (diukur dalam tahun) untuk suatu produk yang melebihi batas konsentrasi zat berbahaya tertentu. Tanggal pembuatan juga harus dicantumkan. Mereka juga diwajibkan untuk mencantumkan nama dan kandungan zat berbahaya dalam petunjuk produk dan menandainya pada bagian-bagiannya menggunakan tabel yang ditentukan. Namun, informasi zat berbahaya tidak perlu dicantumkan pada produk itu sendiri.

RoHS Tiongkok ke-2 Melangkah:

  • Produk yang tercantum dalam Katalog Manajemen Kepatuhan harus mematuhi batasan pembatasan bahan berdasarkan standar yang relevan, dan kepatuhannya akan dinilai menggunakan skema penilaian kesesuaian.
  • Mulai 1 November 2019, produsen harus memperoleh sertifikasi sukarela dan membuat Deklarasi Kesesuaian agar produknya mematuhi RoHS2 China.

Katalog Manajemen Kepatuhan terdiri dari 12 jenis produk yang berbeda.

  1. Lemari es
  2. AC
  3. Mesin cuci
  4. Pemanas air listrik
  5. pencetak
  6. Mesin fotokopi
  7. Mesin faks
  8. Televisi
  9. Monitor
  10. Mikrokomputer
  11. Handset komunikasi seluler
  12. Telepon

RoHS Tiongkok ke-3 Melangkah:

Untuk menunjukkan kepatuhan terhadap persyaratan batas polutan untuk produk E&E, pemasok memiliki dua pilihan:

  1. memberikan laporan pengujian dari laboratorium yang berkualifikasi
  2. membuat laporan kesesuaian berdasarkan penentuan polutan untuk seluruh komponen, suku cadang, dan bahan baku. Pemasok bertanggung jawab untuk memastikan keakuratan, kelengkapan, dan konsistensi pernyataan mandiri dan dokumen teknis terkait

Pengguna atau pemohon platform harus terdaftar di Tiongkok, dan perusahaan yang berbasis di UE tidak memenuhi syarat untuk mengajukan deklarasi mandiri.

Deklarasi Diri

Hal ini berkaitan dengan jenis penilaian kesesuaian di mana pemasok (yang dapat berupa produsen, perwakilan resmi, dll.) secara independen menggunakan metode yang sesuai untuk melakukan penilaian kesesuaian dan menyerahkan informasi yang memverifikasi bahwa produk listrik dan elektronik yang dipasok memenuhi persyaratan. standar yang relevan dan persyaratan teknis untuk membatasi penggunaan zat berbahaya.

Sertifikasi Sukarela yang Dipromosikan Negara

Hal ini mengacu pada proses sertifikasi yang dapat dipilih oleh dunia usaha untuk dilakukan secara sukarela, yang melibatkan lembaga sertifikasi pihak ketiga yang memverifikasi bahwa produk listrik dan elektronik memenuhi standar dan persyaratan teknis yang sesuai untuk membatasi penggunaan zat berbahaya. Proses ini diawasi dan diatur oleh Negara secara seragam.

Penempatan logo wajib dilakukan pada produk dan dapat juga ditambahkan pada kemasan. Menambahkan label pada kemasan dapat memudahkan bea cukai untuk memastikan kepatuhan.

  • Jika ukuran produk lebih besar dari 5mm kali 5mm, logo harus ditempelkan pada produk.
  • Untuk produk yang terlalu kecil dengan dimensi kurang dari 5mm x 5mm, logo hanya dapat ditempel pada kemasannya. Namun, dalam kedua kasus tersebut, baik logo terdapat pada produk atau kemasan, informasi penandaan harus disertakan dalam manual produk.

Standar Pengujian RoHS Tiongkok

 

Ahmed Sakr

Product Compliance Consultant

ComplyMarket UG (haftungsbeschraenkt)

Komentarai

Palikite komentarą arba užduokite klausimą

I agree to the Terms of Service and Privacy Policy