SCIP

SCIP

Basis data SCIP dibuat berdasarkan Waste Framework Directive (WFD) untuk memberikan informasi tentang Zat yang Menjadi Perhatian Dalam artikel atau objek kompleks (Produk).

Definisi terkait SCIP

Artikel:Benda yang diberi bentuk, permukaan, atau desain tertentu selama pembuatan yang lebih menentukan fungsinya daripada komposisi kimianya.

Zat Berbahaya:Zat yang dinilai mempunyai perhatian sangat tinggi dan masuk dalam daftar calon (SVHC).

Artikel Kompleks:Sebuah objek kompleks terdiri dari beberapa produk yang dihubungkan atau dirakit dengan berbagai cara. Dalam kasus objek yang kompleks, produk mempertahankan statusnya sebagai entitas terpisah selama produk tersebut mempertahankan bentuk, permukaan, atau desain tertentu.

Pasal 9 : Pencegahan pemborosan

Negara-negara Anggota diharuskan mengambil tindakan untuk mencegah timbulnya limbah. Langkah-langkah tersebut minimal harus:

(i) Mendorong pengurangan zat berbahaya dalam bahan dan produk, sambil mematuhi persyaratan hukum yang selaras untuk bahan dan produk tersebut yang ditetapkan di tingkat UE. Selain itu, pemasok barang (sebagaimana didefinisikan dalam butir 33 Pasal 3 Peraturan (EC) No 1907/2006 Parlemen Eropa dan Dewan (*)) wajib memberikan informasi yang relevan, sebagaimana ditentukan dalam Pasal 33(1 ) dengan peraturan yang sama, kepada Badan Bahan Kimia Eropa, mulai tanggal 5 Januari 2021.

(2) Badan Bahan Kimia Eropa bertanggung jawab menyiapkan database untuk menerima data sesuai dengan poin (i) paragraf 1 paling lambat tanggal 5 Januari 2020, dan memeliharanya. Badan ini berkewajiban untuk memberikan operator pengolahan limbah akses ke database. Selain itu, berdasarkan permintaan, Badan harus memberikan konsumen akses ke database ini.

Perbedaan antara arahan dan peraturan

Pengarahan:Peraturan tersebut bersifat wajib, sehubungan dengan hasilnya, bagi setiap Negara Anggota yang menerimanya. Namun bentuk dan metode pelaksanaannya akan ditentukan oleh otoritas nasional.

Mantan:Petunjuk Kerangka Kerja Limbah (WFD)

Peraturan:Peraturan mempunyai kewenangan hukum yang mengikat seluruh Negara Anggota dan mulai berlaku pada tanggal tertentu di setiap Negara Anggota. Di sisi lain, arahan tersebut menentukan hasil tertentu yang harus dicapai, namun Negara-negara Anggota mempunyai kebebasan untuk memilih bagaimana mereka akan memasukkan arahan tersebut ke dalam undang-undang nasional mereka.

Mantan:MENCAPAI

Tujuan utama dari database SCIP adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang bahan kimia berbahaya yang ada dalam barang dan produk di seluruh siklus hidupnya, termasuk fase limbah:

  • Mulai tanggal 5 Januari 2021, perusahaan yang memproduksi, merakit, mengimpor, atau mendistribusikan barang-barang yang mengandung zat yang sangat memprihatinkan (SVHCs) dalam daftar kandidat dengan konsentrasi di atas 0,1% (b/b) harus memberikan rincian tentang barang-barang tersebut kepada UE Basis data SCIP jika dimaksudkan untuk dijual di pasar UE.
  • Bisnis ritel tidak termasuk dalam peraturan database SCIP kecuali mereka juga terlibat dalam produksi atau impor barang yang mengandung zat yang sangat memprihatinkan (SVHCs) pada daftar kandidat dengan konsentrasi di atas 0,1% (b/b).

Perbandingan persyaratan yang diuraikan dalam Pasal 33 REACH dan peraturan SCIP.

 

Papan Sirkuit Cetak (PCB)

Papan Sirkuit Cetak (PCB)

Pedoman SCIP untuk Informasi Minimum yang Diperlukan dalam Artikel Dasar

  • Pengenal Utama
  • Nama Artikel
  • Kode HS
  • Petunjuk Penggunaan yang Aman
  • Kategori Bahan
  • Substansi Daftar Calon
  • Kisaran konsentrasi zat

Pedoman SCIP untuk Informasi Minimum yang Diperlukan dalam Artikel Kompleks

  • Pengenal Utama
  • Nama Artikel
  • Kode HS
  • Petunjuk Penggunaan yang Aman
  • Kemunculan komponen SVHC

Pengelompokan produk yang identik

  • Fungsi atau tujuan yang identik
  • Karakteristik fisik serupa (bentuk, permukaan dan desain)
  • Komposisi kimia serupa

Pengelompokan produk semi identik

Kriteria berikut harus dipenuhi agar semi-identik dapat dianggap sama:

  • Fungsi atau tujuan yang identik
  • Berisi zat yang sama dari daftar kandidat
  • Bahan yang identik atau bahan daftar potensial dimasukkan ke dalamnya dengan memanfaatkan kategori campuran yang sama pada tahap pemrosesan berikutnya.
  • Petunjuk penggunaan aman serupa

Setiap set dapat dikirimkan dalam satu notifikasi menggunakan pengidentifikasi artikel utama tertentu.

Artikel yang kuasi-identik

Cincin-O terbuat dari bahan yang sama dengan daftar komponen yang sama, namun bervariasi dalam hal lebar, diameter, atau warna.

Selama rincian identifikasi yang diperlukan untuk setiap artikel identik disertakan dalam pemberitahuan, mereka dapat disertakan bersama dalam satu penyerahan SCIP.

Objek Kompleks Kuasi-identik

  • Unit-unit yang membentuk objek kompleks memiliki tujuan yang sama dan termasuk dalam kategori yang sama dalam hal klasifikasi artikelnya (kode dan deskripsi CN/TARIC).
  • Objek kompleks terdiri dari unit-unit yang berbagi komponen dan subkomponen yang identik, melayani fungsi atau tujuan yang sama sebagaimana ditentukan oleh kriteria 1. Selain itu, objek kompleks dan bagian-bagian penyusunnya berisi barang-barang yang memenuhi kriteria item kuasi-identik, memastikan bahwa mereka dianggap sama.
  • Petunjuk penggunaan unit objek kompleks secara aman adalah sama.

Setiap kumpulan dapat dikirimkan sebagai satu pemberitahuan dengan memanfaatkan pengidentifikasi utama unik untuk artikel utama.

Setiap set dapat dikirimkan dalam satu notifikasi menggunakan pengidentifikasi artikel utama tertentu

Identifikasi SCIP

Disarankan untuk membuat notifikasi SCIP untuk setiap grup ponsel cerdas yang semi-identik seperti 100-1, 100-2, dan 100-3, daripada mengirimkan notifikasi untuk setiap unit individual.

Referensi Gambar:https://echa.europa.eu/scip

Bagaimana cara melaporkannya?

  • Untuk mendeskripsikan pengidentifikasi utama artikel dalam pemberitahuan SCIP, jenis dan nilai tertentu harus digunakan. Pengidentifikasi lain dapat ditambahkan sebagai pengidentifikasi sekunder. Penting untuk diingat bahwa pengidentifikasi utama tidak dapat diubah di masa mendatang, karena ini berfungsi sebagai referensi penting untuk mengidentifikasi pembaruan dalam sistem.
  • Untuk item yang "sepenuhnya identik" atau "semu-identik", pengidentifikasi artikel utama dapat dibuat menggunakan pengidentifikasi artikel yang representatif. Dalam kasus "objek kompleks kuasi-identik", pengidentifikasi artikel yang representatif untuk kumpulan item harus digunakan.
  • Minimal, pengidentifikasi artikel utama yang dapat mendeskripsikan kumpulan objek kompleks kuasi-identik diperlukan untuk objek kompleks.

Pengiriman Satu Unit Tidak Diperlukan

  • Hindari mengirimkan pemberitahuan untuk masing-masing unit yang ditempatkan di pasar.
  • Mengirimkan pemberitahuan terpisah untuk setiap unit akan menjadi mubazir dan bertentangan dengan persyaratan WFD (Waste Framework Directive), yang mengharuskan satu pemberitahuan per artikel, bukan per unit.
  • Daripada mengirimkan pemberitahuan terpisah, perusahaan harus memberikan pengidentifikasi atau menyediakannya dalam rantai pasokan, yang akan memungkinkan pengguna mencari database SCIP untuk informasi terkait produk tertentu yang dipasarkan.

Pengidentifikasi Artikel untuk Pemberitahuan SCIP

Sistem ini dirancang agar dapat beradaptasi dengan berbagai standar pengidentifikasi artikel. Jika perlu, pengidentifikasi tambahan dapat dimasukkan dalam bagian 'Pengidentifikasi Artikel Lainnya'. Namun, penting untuk memastikan bahwa bagian ini berisi semua nomor katalog yang relevan untuk memungkinkan pengguna menemukan artikel di database.

Untuk memastikan keakuratan dan konsistensi dalam identifikasi, penting untuk menggunakan pengidentifikasi standar sebagai pengidentifikasi artikel utama:

  1. Untuk komunikasi yang efektif, konsumen dan operator limbah harus dapat mengidentifikasi barang yang dimaksud dengan jelas.
  2. Anda, serta pengguna hilir lainnya yang mungkin menganggap informasi dalam pemberitahuan SCIP Anda berguna, dapat membuat koneksi ke pemberitahuan Anda dan setiap variasi yang dilaporkan melalui SSN atau referensi.

Untuk memanfaatkan opsi pengelompokan, penting untuk menyertakan elemen identifikasi komersial yang benar (nama dan pengidentifikasi alfanumerik) dari setiap subkelompok artikel yang sepenuhnya identik yang tersedia atau dipasarkan dalam pemberitahuan SCIP. Praktik yang baik adalah dengan menyertakan pengidentifikasi dan karakteristik standar sebagai pengidentifikasi artikel lainnya untuk melaporkan secara akurat variasi yang berbeda untuk artikel yang hampir identik.

Saat menggunakan opsi 'pengelompokan' untuk objek kompleks yang kuasi-identik, penting untuk dicatat bahwa identifikasi artikel akan terjadi pada tingkat 'kumpulan unit', bukan pada unit individual.

 

Membantu operator limbah dan konsumen dalam mengidentifikasi barang tertentu secara jelas dan pasti.

  • Untuk memungkinkan konsumen menghubungkan informasi penggunaan aman yang dikirimkan ke barang atau objek kompleks yang ditempatkan di pasar UE, pengidentifikasi komersial yang memadai mungkin perlu disediakan. Hal ini sangat penting jika pengidentifikasi ini tersedia bagi konsumen melalui label produk, katalog, atau cara lain.
  • Sangat penting bagi operator limbah dan konsumen untuk dapat mengidentifikasi secara pasti artikel spesifik yang dimaksud.
  • Untuk barang atau objek kompleks yang dipasarkan untuk konsumen, perlu menyertakan pengenal yang tersedia bagi konsumen (seperti Nomor Artikel Eropa, atau EAN) di bidang 'Pengidentifikasi Lainnya' atau 'Pengidentifikasi Artikel Utama' bidang. Hal ini akan memastikan bahwa konsumen dapat mengidentifikasi secara pasti artikel atau objek kompleks yang menjadi tujuan informasi yang disampaikan.

Ada dua metode untuk menyederhanakan komunikasi informasi SCIP dalam Rantai Pasokan:

1. Notifikasi SCIP Sederhana (SSN)

  • SSN memberikan pendekatan yang disederhanakan untuk merujuk pada informasi yang telah diserahkan ke ECHA. Hal ini dicapai dengan mengirimkan nomor SCIP yang berlaku secara eksklusif, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk menyiapkan berkas. Pengajuan dapat diselesaikan melalui Portal Pengiriman ECHA.
  • Prasyarat: memperoleh nomor SCIP untuk pemberitahuan SCIP barang atau entitas gabungan yang telah diserahkan ke ECHA. Informasi ini dapat diperoleh, misalnya, sebagai komponen data yang akan diberikan oleh pemasok Anda sesuai dengan REACH Art. 33(1).
  • Audiens utama: Distributor yang beroperasi dalam rantai pasokan.

Target audiens:Distributor.

Persyaratan mendasar:Produk yang dikirim harus sama dengan produk yang diterima.

Membuat berkas sendiri tidak wajib.

Distributor harus mengacu pada pemberitahuan pemasok dan tidak diharuskan untuk mengirimkan sendiri pembaruan apa pun.

Bagaimana cara kerja SSN?

 

2. Referensi

  • Referensi dapat dicapai dengan menggunakan nomor SCIP, yang dapat diberikan oleh pemasok atau nomor yang telah ditetapkan pada artikel yang diberitahukan sebelumnya.
  • Hanya nomor SCIP untuk artikel atau komponen yang direferensikan yang perlu diberikan.
  • Referensi pada dasarnya adalah koneksi atau tautan antara nomor SCIP dari notifikasi yang dikirimkan sebelumnya dan objek notifikasi kompleks yang mereferensikannya.

Kelompok sasaran:Produsen dan perakit

Kondisi utama:Modifikasi pada bentuk fisik atau susunan artikel referensi tidak diperbolehkan; Produk harus menjadi bagian dari objek yang kompleks.

Saat membuat pemberitahuan SCIP untuk entitas gabungan, dimungkinkan untuk merujuk ke item yang sudah memiliki nomor identifikasi SCIP.

Melalui referensi, Anda membuat hubungan antara pemberitahuan Anda dan pemberitahuan pemasok beserta pembaruan berikutnya.

Referensi dalam berkas SCIP

ECHA telah mengembangkan fitur referensi dalam berkas SCIP yang memungkinkan referensi data SCIP yang sudah dikirimkan. Fitur ini dapat digunakan oleh produsen dan perakit objek kompleks untuk menyiapkan kumpulan data IUCLID untuk berkas SCIP dengan melaporkan nomor SCIP yang merujuk pada informasi yang dikirimkan sebelumnya ke dalam database.

Misalnya, pemasok hulu dapat memberikan nomor SCIP sebagai bagian dari informasi yang disyaratkan berdasarkan Pasal 33(1) REACH.

Menyederhanakan penyampaian data

  • Entitas pihak ketiga dapat mengirimkan data atas nama perusahaan Anda, sesuai dengan perjanjian intra-pihak, melalui konsep "pengguna asing".

  • Menetapkan pedoman untuk menggunakan kembali data yang diserahkan oleh pemasok
    1. Pemberitahuan SCIP yang Disederhanakan (SSN): Jika pasalnya tetap tidak berubah, pemegang tugas dapat menggunakan SSN dengan mengacu pada data yang diserahkan oleh pemasoknya, alih-alih membuat berkas. Opsi ini sangat berguna bagi distributor.
    2. Referensi: Jika suatu barang yang telah diberitahukan oleh pemasok diintegrasikan ke dalam suatu objek yang kompleks, pemegang tugas dapat merujuk pada data yang diserahkan tanpa perlu memasukkannya kembali.

Hirarki dan lapisan

Meminimalkan lapisan komponen dan sub-komponen yang berlebihan. Hierarki yang sangat rumit tidak serta merta meningkatkan identifikasi artikel yang mengandung zat dalam Daftar Kandidat, terutama untuk sebagian besar produk umum.

Untuk sebagian besar produk, dua hingga lima lapisan komponen mungkin cukup, sedangkan untuk produk yang paling rumit, jumlah lapisan harus diminimalkan, idealnya tidak lebih dari tujuh lapisan.

ComplyDoc: Menawarkan pengiriman informasi SCIP secara otomatis dari Sistem ke Sistem

 

Ahmed Sakr

Product Compliance Consultant

ComplyMarket UG (haftungsbeschraenkt)

Kommentaarid

Jäta kommentaar või esita küsimus

I agree to the Terms of Service and Privacy Policy